Marak Pembobolan Kotak Amal Masjid, Polisi Imbau Usai Kegiatan Keagamaan Isi Kotak Amal Dikosongkan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa pekan terakhir, aksi pembobolan kotak amal masjid marak terjadi di Kabupaten Tuban. Aksi pembobolan kotak amal tersebut, diketahui setelah pelaku tertangkap kamera Video Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di masjid.

Aksi kejahatan itu pun mendapatkan perhatian dari jajaran Polres Tuban. Terlebih saat ini menjelang perayaan  pergantian tahun 2021 ke 2022 yang berpotensi terjadi tindak kejahatan.

Wakapolres Tuban, Kompol Priyanto menyampaikan, kasus pencurian kotak amal ada yang sudah sempat ketahuan dan ada yang belum.

Adapun menindak lanjuti hal itu langkah Polres Tuban bersama polsek jajaran telah gencar melaksanakan patroli, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal serupa.

"Kita gencar patroli, agar tidak kembali terjadi kasus pembobolan kotak amal masjid," ujar Kompol Priyanto, Rabu (29/12/2021).

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta kepada Kasat Binmas Polres Tuban untuk mengimbau dibeberapa tempat ibadah.

Agar kotak amal jangan dibiarkan ada isinya, seusai kegiatan keagamaan uangnya agar untuk diambil. Dengan begitu tidak memberikan kesempatan bagi pencuri, terlebih menjelang tahun baru.

"Sudah dilakukan imbauan melalui kasat binmas, agar kotak amal yang ada isinya dikosongkan setelah giat keagamaan. Untuk yang sudah kejadian dalam proses lidik," pungkasnya.

Sekadar diketahui, pencurian kotak amal terjadi di Masjid Al Bayyinah, yang berada di Dusun Jembel, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Selasa (30/11/2021).

Aksi pencurian uang di kotak toilet masjid itu viral setelah rekaman video CCTV tersebar. Setelah dicek pencurian terjadi pada Senin (29/11/2021), sekitar pukul 02.00 WIB, pelaku mengambil uang sekitar Rp 50 ribu.

Terbaru, aksi pencurian kotak amal juga terekam CCTV di sekitar Masjid SDIT Al Uswah di Kelurahan Latsari, Tuban, Senin (20/12/2021) pukul 02.00 WIB.

Dalam rekaman video itu, nampak gerak-gerik seorang pria berkaos hitam bercelana pendek sedang mengintip cendela di sekitar lokasi. Tidak lama kemudian, pria tersebut  memanggul sebuah kotak amal berwarna putih hasil curianya sambil berlari.

Dalam aksi itu, pelaku dipergoki oleh warga sekitar, lalu meninggalkan kotak amal tanpa mengambil isinya.[hud/sas]