Ngabuburit di Kecamatan Senori Sambil Lihat Atraksi Topeng Monyet

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Suasana bulan Ramadan 1443 H berbeda dari sebelumnya, karena masyarakat antusias untuk ngabuburit pada sore hari menjelang berbuka puasa. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit, baik dengan berburu kuliner berbuka, berkeliling menikmati keindahan alam, atau berdiam di rumah untuk memasak persiapan berbuka.

Awal bulan puasa, pada umumnya masyarakat berbondong-bondong melakukan ngabuburit. Di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban mulai dari pukul 16:00 WIB masayarakat mulai ramai mengunjungi lokasi ngabuburit mulai dari anak-anak sampai dewasa. 

Suasana lokasi perempatan Desa Jatisari hingga depan pasar, sepanjang jalan dipenuhi dengan para penjual. Bahkan, pertunjukan topeng monyet ikut serta meramaikan suasana ngabuburit yang menambah keseruan di sana. 

Pengunjung yang berdatangan berasal dari dalam dan luar Kecamatan Senori. Yazid pendatang dari Kecamatan Singgahan menjelaskan, ngabuburit di Senori menarik dibanding tempat lain. 

"Banyak sekali penjual yang menjajakan produknya. Mungkin karena dikelilingi pondok pesantren, setiap sore banyak santri yang berburu menu buka puasa,” imbuh Yazid kepada blokTuban.com, Rabu (6/4/2022).

Banyaknya pendatang yang menikmati ngabuburit di Kecamatan Senori membuat warga berkerumun ketika antri membeli makanan, hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Dari banyaknya pendatang, terlihat mayoritas warga tidak lagi menjaga jarak dan tidak menggunakan masker. 

“Karena sudah vaksin, warga menganggap covid-19 sudah tidak ada. Himbauan menggunakan masker dan menjaga jarak sudah tidak lagi diperhatikan” tutup Yazid. [Lina/Ali]