Lidah Buaya, Tanaman Pembersih Udara yang Miliki Sejuta Manfaat 

Reporter: Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan keberadaannya di Indonesia. Masyarakat Indonesia tampaknya gemar menanam tanaman yang satu ini karena manfaatnya yang sangat beragam.

Salah satu manfaat Lidah Buaya adalah sebagai pembersih udara. Kita tak pernah tahu, sekotor apa udara yang kita hirup setiap harinya. Untuk menetralisir udara kotor tersebut, Anda dapat mencoba menanam Lidah Buaya di sekitar rumah Anda.

Lidah Buaya dikatakan dapat menyerap formalin, benzena, dan bahan kimia berbahaya lain yang ada di sekitar kita.

Tak hanya sebagai pembersih udara saja, bentuk Lidah Buaya yang simple juga dapat Anda gunakan untuk hiasan di rumah. 

Lidah Buaya juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan merawat kecantikan kulit dan rambut. Lidah Buaya sebagai pelembab alami kulit kering, terlebih lagi iklim di Indonesia beriklim tropis. 

Tak hanya itu, Lidah Buaya juga dipercaya dapat mengurangi stretch mark yang biasa terjadi setelah kehamilan. Lidah Buaya juga ampuh mencegah penuaan dini seperti garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Sedangkan untuk manfaat pada rambut, aloe vera yang terkandung dalam Lidah Buaya terbukti dapat mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala gatal.

Lidah Buaya juga dipercaya dapat mengobati luka karena sengatan matahari, goresan, dan luka bakar.

Selain manfaatnya yang sangat banyak, perawatan Lidah Buaya juga cukup mudah. Itulah sebabnya, banyak orang yang memilih Lidah Buaya sebagai salah satu tanaman yang wajib ada di rumah.

Menurut salah seorang yang menanam Lidah Buaya bernama Gita, mengatakan bahwa perawatan Lidah Buaya tergolong mudah.

"Perawatan Lidah Buaya sangat mudah, tak perlu sering-sering menyiraminya, apalagi saat musim hujan begini. Saya saja jarang menyiraminya, karena sudah ada air hujan," ungkap Gita.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menanam Lidah Buaya di rumah?[rul/ono]