Padi Tumbuh Baik pada PH dan Temperatur Ini

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Musim penghujan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu bagi para petani yang wilayahnya belum memiliki arial pompanisasi. Pasalnya, untuk menanam tanaman dibutuhkan air yang cukup banyak agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. 

Pada umumnya, jika musim penghujan datang kebanyakan petani memilih untuk menanam padi, termasuk para petani di Kabupaten Tuban. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, menurut Kardi salah satu petani Desa Patihan, Kecamatan Widang jika hal tersebut dilakukan karena tanaman padi membutuhkan air yang lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya. 

“Musim hujan memang banyak orang yang tanam padi, soalnya padi lebih banyak membutuhkan air apalagi saat awal-awal tumbuh,” terangnya kepada blokTuban.com pada Kamis (3/2/2022) saat ditemui dilokasi persawahannya. 

Selain itu, Kardi melanjutkan jika saat air melimpah maka tanah akan lebih mudah untuk ditanami padi daripada saat musim kemarau yang hanya mengandalkan air dari areal persawahan. 

Petani biasanya akan menanam padi tepat pada saat musim hujan mengguyur wilayahnya, yaitu sekitar bulan November. Hal itu dilakukan agar saat panen raya tiba, padi tidak terendam oleh air.

Dengan demikian, petani bisa menghasilkan padi yang baik dan menambah perekonomian, mengingat sektor pertanian adalah satu-satunya sektor yang tidak terdampak pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dilansir dari petanidigital.id bahwa tanaman padi akan tumbuh dengan baik pada curah hujan 200 mm per bulannya. Padi juga akan tumbuh dengan baik pada temperatur 15 hingga 30 derajat dengan kelembapan mencapai 40 hingga 60 persen. 

Selain kadar air yang banyak, syarat tumbuh padi yang penting untuk diperhatikan ialah media tanah yang akan digunakan untuk menanam. Sebab, media yang digunakan untuk menanam padi sangat bervariasi tergantung pada iklim yang berlangsung. 

Oleh karenanya agar padi bisa tumbuh dengan baik, petani harus memastikan jika media tanah yang digunakan tersebut mengandung bahan organanik, unsur hara, dan juga memiliki jenis tanah seperti grumusol, padsolik ataupun latosol. 

Tidak hanya itu saja, tanaman padi seharusnya juga ditanam pada media tanah yang gembur serta subur dengan PH 4-7 dan tidak terserang oleh berbagai hama penyakit. [Sav/Ali]