Jangan Ragu, Vaksin Corona Aman...!

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ajakan vaksinasi mungkin hampir tiap hari didengar oleh masyarakat di Kabupaten Tuban. Salah satu kalimat yang disampaikan petugas adalah jangan ragu vaksin corona aman.

Pemilihan kalimat tersebut tepat, mengingat capaian vaksinasi di Tuban masih di bawah 70 persen. Otomatis status Kabupaten Tuban masih ada di PPKM Level 3.

Dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi tersebut, Koramil 0811/01 Tuban mengajak warganya vaksinasi Covid-19 tahap I dan II di Kelurahan Sidorejo,  Kecamatan Tuban, Senin (29/11/2021).

Koramil 0811/01 Tuban, Kodim 0811 Tuban terus mendukung segala bentuk dan upaya program pemerintah dalam mengakhiri pandemi termasuk program serbuan Vaksinasi. Caranya dengan mendampingi warga binaan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban.

“Vaksin yang di berikan kepada warga masyarakat Ronggomulyo  adalah Sinovac dosis pertama sebanyak 120 orang dan dosis kedua sebanyak 130 orang. Vaksin ini diberikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan imun dan daya tahan tubuh setiap warga sehingga dapat menangkal dari serangan virus Covid-19”, kata Serka Safi’il Babinsa Kelurahan Sidorejo

Tidak lupa masyarakat yang melaksanakan vaksinasi harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh puskesmas. Diantaranya membawa foto kopi KTP dan kartu vaksin serta melaksanakan tes tensi dan screning. Apabila lolos baru bisa menerima vaksin Sinovac sesuai dosis masing masing.

Babinsa juga tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada warga yang melaksanakan vaksin agar menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.

"Hal tersebut bisa membantu penyebaran Covid-19," terangnya.

Safi’il terus melaksanakan pendampingan vaksin dimulai dari menyosialisasikan tentang vaksinasi Covid-19, pendataan warga yang belum divaksin sampai dengan melaksanakan pendampingan warga ke tempat pelaksanaan vaksinasi.

Lurah Sidorejo Imam Safi’i Kecamatan Tuban saat ditemui di Kantornya menjelaskan, kegiatan pendampingan vaksinasi Covid-19 adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah sebagai upaya keluar dari pandemi Covid-19.

“Mari kita dukung program vaksinasi demi meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh warga terhadap serangan Covid-19”, kata Lurah Sidorejo.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut melaksanakan vaksinasi Covid-19 guna memutus mata rantai dan mengakhiri pandemi Covid-19. [ali/sas]