Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky bersama Dandim 0811 dan Kapolres Tuban menghadiri kegiatan sarasehan dan tanam pohon kopi di kawasan Hutan Lindung Bongok Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Sabtu (23/10/2021).

Dalam kegiatan itu, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak yang telah menginisiasi kegiatan penanaman pohon kopi dan pohon penghijauan di kawasan Hutan Lindung Bongok Petak 104.

"Ini merupakan inovasi yang luar biasa dari Pemerintah Kecamatan Montong, khusunya Pemerintah Desa Jetak atas kegiatan penanaman pohon kopi 3 ribu pohon dan 10 ribu pohon penghijauan," terang Bupati Tuban.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk suport dari Pemdes Jetak terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, yakni program satu desa satu produk unggulan atau (One Village One Icon).

"Semoga tanaman kopi di Desa Jetak ini bisa berkembang baik, memunculkan ekonomi baru dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat hingga ditingkat rumah tangga," imbuh Bupati Tuban.

Dia berharap, kegiatan penanaman pohon dari Pemdes Jetak ini bisa menjadi contoh untuk desa-desa yang lainya dan Pemkab Tuban akan selalu suport terhadap kegiatan-kegiatan yang memunculkan inovasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tuban hingga tingkat rumah tangga.

Sementara itu, Kepala Desa Jetak Zakky Mubarrok Aly mengungkapkan, kegiatan penanaman pohon ini diikuti sekitar 500 peserta lebih. Adapun, untuk pohon yang ditanam berjumlah 13 ribu pohon dengan luasan areal sekitar 8,7 Hektar.

"Jadi penanaman pohon saat ini ada sebanyak 13 ribu pohon yang kita tanam. 3 ribu pohon kopi dan 10 ribu pohon penghijauan, seperti trembesi, juwar dan tanaman buah-buahan," kata Kades.

Dia berharap, dengan pengelolaan tanaman kopi ini bisa mensejahterakan masyarakat desa setempat. Disamping itu, dengan pengelolaan ini nanti juga diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) Jetak.

"Diharapkan dengan penanaman pohon kopi ini masyarakat masih bisa menikmati penghasilannya serta alam ini terjaga kelestariannya," pungkas Kades.

Pantauan dari blokTuban.com, selain melakukan penanaman pohon serta sarasehan Bupati Tuban bersama Dandim dan Kapolres juga berdoa di makam Mbah Singonegoro yang berada dikawasan hutan tersebut.[hud/ono]