BPBD Turunkan Tiga Truk Armada Atasi Kebakaran di Bancar

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menerjunkan tiga truk pemadam untuk mengatasi kebakaran lahan pohon bambu di Kecamatan Bancar, Senin (5/7/2021).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.50 Wib dan dapat diatasi pukul 12.20 Wib. Lokasi kejadian berada di Rt. 07 - Rw. 02, Dusun Desa Sembungin ,Kecamatan Bancar.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Yudi Irwanto saat dikonfirmasi mengatakan insiden kebakaran di Bancar siang ini dilaporakan ke Kantor Mako BPBD Tuban oleh Muji selaku perangkat Desa Sembungin, Kecamatan Bancar.

"Isi laporannya bahwa ada kebakaran pekarangan pohon bambu," kata Yudi kepada reporter blokTuban.com.

Adapun penyebab kebakaran berawal dari warga yang melakukan bersih-bersih pekarangan dekat pohon bambu kemudian dibakar dan menjalar di pohon bambu. Beruntung tidak ada kerugian ataupun korban jiwa dari kebakaran di kecamatan yang berbatasan dengan Jawa Tengah itu.

Tim BPBD Tuban - Pos Jatirogo langsung mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman di TKP karena wilayahnya paling dekat. Api berhasil dipadamkan pada pukul 12.20 WIB.

"Armada yang diturunkan satu unit truck fire BPBD Tuban, satu unit truck suply BPBD Tuban, dan satu unit truck fire POS Jatirogo," imbuh mantan Kabag Umum Pemkab Tuban.

Dari kejadian tersebut, mantan Camat Palang ini menghimbau kepada warga untuk lebih hati-hati dan waspada ketika sedang kerja bakti membersihkan semak. Saat akan melakukan pembakaran harus dipastikan tidak akan menjalar ke pohon atau area permukiman. [ali/col]