Tuban Dominasi Kafilah dari Jatim di MTQ Nasional

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tahun 2020 menjadi tahun pertama bagi Kabupaten Tuban mengirimkan sembilan kafilah untuk berkompetisi di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28. 

Dengan mengirimkan sembilan kafilah menjadikan Kabupaten Tuban sebagai kabupaten terbanyak yang mengirimkan delegasinya dibandingkan dengan 38 Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur.

Sembilan kafilah yang mewakili Provinsi Jawa Timur diberangkatkan Bupati Tuban, Fathul Huda dari Pendopo Krido Manunggal, Kamis (05/11/2020).

Kafilah Kabupaten Tuban bergabung bersama 54 Kafilah Jawa Timur yang akan berlomba di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada 12-21 November 2020 mendatang.

Bupati Huda sangat bersyukur dan mengapresiasi atas terpilihnya sembilan putra-putri terbaik Kabupaten Tuban untuk mengikuti MTQ Nasional. Capaian ini menjadi suatu yang membanggakan tidak hanya bagi kafilah tapi seluruh warga Kabupaten Tuban.

"Saya menekankan agar kepercayaan yang diraih mampu memotivasi masyarakat, utamanya generasi muda agar mencintai dan mempelajari Alqur'an. Hal tersebut selaras branding Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali dan sejalan dengan visi misi Pemkab Tuban yaitu mewujudkan masyarakat yang religius," ucap Bupati dua periode itu. 

Bupati asal Kecamatan Montong menaruh harapan besar dapatnya kafilah memperoleh juara di cabang lomba yang diikuti. Tidak hanya itu, para kafilah diharapkan menjadi pembina bagi insan qur’ani lain di Kabupaten Tuban. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk regenerasi dan pengkaderan generasi muda yang mencintai Alqur'an.

"Kita doakan bersama sembilan kafilah asal Tuban yang mewakili provinsi Jawa Timur pada MTQ tingkat Nasional membawa hasil terbaik. Tidak hanya itu, semoga pada MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun mendatang di Pamekasan, Kafilah Bumi Wali Tuban mampu mempertahankan gelar Juara Umum," serunya.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Tuban, Eko Julianto menjelaskan, kesembilan kafilah asal Bumi Wali akan berjuang di cabang lomba tartil, tilawah, khat Alquran, tahfidz, dan syarhil. Kafilah yang terpilih merupakan para juara pada MTQ Ke-28 Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban tahun lalu.

“Mereka selanjutnya diseleksi dan mendapatkan pembinaan dari Dewan Hakim dan LPTQ Jawa Timur,” jelasnya. 

Eko Julianto yang juga Sekretaris LPTQ Kabupaten Tuban ini menerangkan, pihaknya akan meningkatkan program munaqosah di seluruh kecamatan. Seleksi di tingkat kecamatan hingga kabupaten Tuban juga akan ditingkatkan kualitasnya.

Hasil MTQ ke-29 Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu menunjukkan adanya peningkatan kualitas Kafilah di berbagai cabang lomba. Kafilah yang terpilih menjadi juara, akan dibina untuk disiapkan mengikuti MTQ ke-29 Provinsi Jawa Timur tahun 2021.

Kepada semua kafilah, juga diminta terus menunjukkan perubahan perilaku dengan disiplin menerapan 3 M yaitu, memakai masker yang benar, mencuci tangan dengan sabun dan memakai handsanirizer, serta menjaga jarak aman. 

Prokes 3 M terbukti efektif menurunkan angka penularan kasus aktif Covid-19 di Kabupaten. Saat ini Kabupaten Tuban juga kembali ke zona oranye atau resiko sedang, setelah kasus kematian meningkat. [ali/col]