Puluhan Petani Ikuti Seminar Pengelolaan Kambing Ternak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Kantor Pusat Semen Gresik Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban puluhan petani di Kawasan PT. Semen Indonesia (SI) mengikuti seminar pengelolaan kambing ternak kokoh Semen Indonesia.

Dalam seminar itu, PT. SI turut menghadirkan pemateri bernama Limcoln yang merupakan pemilik peternakan kambing pedaging Bejoyo dari Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dalam kegiatan itu, Kasi Bina Lingkungan (Binling) PT. SI Siswanto mengatakan, dengan adanya kegiatan seminar ini diharapkan para petani bisa menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan ternak kambing untuk diterapkan pada peternakanya masing-masing.

"Saya berharap para peserta bisa memanfaatkan kegiatan seminar ini dengan baik dan maksimal," terang Siswanto dalam sambutanya, Selasa (30/10/2018).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, Imron Kholiq yang juga hadir dalambkegiatan itu mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. SI atas terselenggaranya seminar pengelolaan ternak kambing ini.

"Semoga apa yang diselenggarakan ini bisa bermanfaat, sehingga bisa menunjang perekonomian di desa," imbuh Imron Kholiq.

Diketahui, pada kegiatan seminar ini selain peserta mendapatkan pemahaman cara berternak dan strategi penjualan kambing dari pemateri, mereka juga mendapatkan bantuan kambing dari PT. SI untuk diternak.

Tercatat sekitar 50 orang penggarap tanah yang belum difungsikan oleh perusahaan itu dengan luasan lahan sekitar 60 hektare. Agar warga tetap mendapatkan mata pencaharian, kini warga diberikan bantuan empat ekor kambing untuk perkepala.[hud/col]