Warga Terkesan dengan Sugiharjo Carnival Unlimited Of Creatifity

Reporter : Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Kegiatan karnaval yang diselenggarakan Minggu (9/9/2018) di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia(RI) ke-73 membawa kesan tersendiri bagi para penontonnya.


Acara bertajuk "Unlimited Of Creatifity" itu diikuti 31 peserta yang bertujuan untuk menggali kreativitas masyarakat dan juga sebagai ajang mengenalkan Desa Sugiharjo ke khalayak umum. Apalagi, peserta tidak hanya dari warga desa saja tetapi juga ada dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tuban dan ada juga yang berasal dari luar kota seperti Rembang, Lamongan dan Bojonegoro.

Sesuai dengan temanya "Unlimeted of Creatifity" peserta yang mengikuti tampil dengan berbagai kustom yang menarik. Hal ini yang memberi kesan bagi para pengunjung yang hadir dan memadati lokasi kegiatan.

"Menarik sekali, sangat berkesan, temanya Carnival Robotik yang bercerita tentang robot di era globalisasi ini yang dimana semua serba cepat dan tenaga robot yang banyak digunakan akan tetapi tidak meninggalkan kebudayaan itu sendiri seperti ukiran-ukiran batik yang ada dalam kustom," ujar salah satu penonton, Imam.

Selain itu juga ada komunitas seni yang semua anggotanya masih pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban. Mereka menamakan kustomnya "Garuda". Bagas Bayu Saputra (18) pelajar dari SMA 5 Tuban yang mengenakannya mengaku inspirasi kustom dari kegiatan Pembukaan Asian Games.

"Kita ikut acara ini selain berpartisipasi juga kita berlima memang suka dalam bidangan seperti mendesain membuat custom dan merias kita menggunakan tema Garuda, sebenarnya custom ini terinspirasi dari custom Ceremony AsiaN Games dan kita membuatnya bersama-sama berlima kurang lebih hampir 1 bulanan masalah biaya kita patungan," ungkapnya.

Warga Desa Sugiharjo Lik(42) mengaku sangat senang adanya acara ini dan berharap tahun selanjutnya terus ada acara ini tidak hanya warga Desa Sugiharjo saja yang menonton tetapi juga ada warga dari lain desa.

"Seneng banget di desa sebelah ada acara buat hiburan juga dan semoga desa saya juga meniru acara seperti ini," ujar Prasojo(54) Warga Desa Bongkol. [nid/lis]