Sejumlah Bangunan di Pantai Kelapa Panyuran Rusak Diterjang Ombak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sejumlah bangunan dan fasilitas umum yang berada di wahana wisata Pantai Kelapa Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mengalami kerusakan, Kamis (24/5/2018).

Kerusakan tersebut disebabkan karena cuaca ekstrem serta terjangan ombak setinggi kurang lebih dua meter yang terjadi beberapa hari terakhir ini di laut utara Kabupaten Tuban.

"Ini kerusakanya diterjang ombak tinggi kemarin," kata warga sekitar Muhaji saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut Muhaji menambahkan, fasilitas yang rusak diantaranya adalah bangunan-bangunan baru, seperti halnya tempat-tempat duduk, serta perahu yang berada di bibir pantai.

Sementara itu, salah satu nelayan dikawasan pantai tersebut, Samaun juga menuturkan, saat ini ketinggian ombak masih sekitar 1,5 meter dan sudah lumayan turun dibandingkan dengan kemarin yang mencapai hingga 2 meter.

"Kemarin ketinggian ombaknya sampai dua meter lebih, banyak bangunan yang diterjang," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan memang benar saat ini cuaca ekstrem dan memicu ombak besar.

"Ini disebabkan karena naiknya suhu permukaan laut diaustralia yang berdampak disamudra hindia sehingga membawa dampak ombak di Pantai Utara (Pantura)," pungkasnya.[hud/col]