Tunggu Relokasi Sampah, Kartar Siap Kembangkan Taman Jaka Tarub

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎ Karang Taruna (Kartar) Bakti Praja, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang akan melakukan pengembangan Taman Jaka Tarub yang dulunya sempat memiliki koleksi beragam satwa, namun  lama terbengkalai. Rencana para pemuda Kartar yang sadar wisata itu akan mencanangkan program reaktivasi taman Jaka Tarub.

Program-program yang telah dicanangkan, seperti tambahan kolam renang, taman bermain anak, serta peningkatan bangunan irigasi sumber mata air Jaka Tarub sudah diajukan. Kendati demikian, tahapan awal yang harus ditangani bukanlah program itu.

Pemuda Kartar yang beberapa waktu lalu telah melakukan evaluasi dan penambahan anggota, terlebih dahulu menunggu keputusan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk merelokasi tempat pembuangan sampah yang berada di depan gerbang utama masuk area wisata itu.

Tumpukkan samaph yang berserakan di gerbang pintu masuk, dirasa akan sangat mengganggu pemandangan para pengunjung ketika mau berlibur maupun bersantai di Taman Jaka Tarub.

"Dalam waktu dekat ini, kita sedang menuggu keputusan Pemdes untuk memindahkan tempat pembuangan sampah ‎ke tempat yang lebih layak. Basik wisata akan terganggu dengan pemandangan itu," ujar Agus syahrofi‎ selaku Ketua Kartar.

Usai di‎pindah tempatkan, lanjut lelaki yang kerap disapa Agus itu, bersama anggota Kartar Pemdes akan bersinergi untuk menghidupkan kembali Jaka Tarub.

"Begitu sudah ditentukan pemindahan tempat pembuangan akhir itu, segera mungkin kita langsung eksekusi program," pungkasnya. [feb/lis]