Pemdes Margorejo Harap Pemkab Perhatikan Produsen Batik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca diresmikanya wisata kampung batik gedog di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Pemerintah Desa (Pemdes) Margorejo berharap agar produksi batik gedog lebih diperhatikan oleh pemerintah.

"Kami meminta pasca peresmian ini produksi batik gedog lebih diperhatikan oleh pemerintah, khususnya Pemkab Tuban," ujar Kades Margorejo, Junaidi, Kamis (3/5/2018).

Menurut Junaidi, selama ini produksi batik gedog di Desa Margorejo mengalami penurunan begitu juga dengan pemasaran yang terus berangsur menurun. Oleh sebab itu pihaknya berharap ada perhatian khusus dari Pemkab.

Selanjutnya, Kades menjelaskan bahwa di Desa Margorejo ini hampir sekitar 75 persen kaum perempuannya bisa membatik, baik mulai anak-anak hingga nenek-nenek.

"Jadi hampir semua rumah di Desa Margorejo ini ada aktivitas membatik," ujar Junaidi.

Sementara itu, untuk pemasaran sendiri batik gedog dari Desa Margorejo ini sudah dipasarkan mulai dari pasar lokal Kabupaten Tuban, pasar nasional maupun pasar mancanegara. Di samping itu selain berupa kain, batik disini juga dijual berupa kaos, kemeja dan lain-lain. [hud/col]