Beri Pagar Seadanya, untuk Antisipasi Longsor Susulan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Longsor yang terjadi di DAM Ngampon, Desa Jati Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu, sampai memakan badan jalan penghubung antara Dukuh Sawen Desa Jati, menuju Desa Cekalang. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor yang makin parah, Pemerintah Desa (Pemdes) memberi palang (pagar) penutup akses jalan.

"Sudah diberi palangan, agar tak ada mobil yang masuk ke sini. Soalnya berbahaya," ujar Kepala Desa (Kades) Jati, Saeko kepada blokTuban.com.

Menurut Kades, kondisi jalan yang mana jika nekat dilewati kendaraan roda empat, sewaktu-waktu dapat memperparah keadaan longsor. Namun, warga yang ingin lewat dengan kendaraan roda dua atau sepeda, tetap diperbolehkan.

"Upayanya seperti itu. Agar tak dilewati mobil, antisipasi saja. Takutnya tambah parah," pungkas Kades, Selasa (27/3/2018).

Diketahui, sebelumnya DAM Ngampon terjadi longsor pada Jumat (23/3/2018), yang disebabkan oleh gerusan aliran air di DAM yang memutar. Hingga kini, Pemdes masih berkoordinasi dengan pihak kecamatan demi melancarkan tindak sigap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. [feb/rom]