Selain Dam Ngampon, 5 KK di Jati Juga Terdampak Longsor

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain longsor yang terjadi di Dam Ngampon, Desa Jati, Kecamatan Soko yang terjadi tiga hari yang lalu sebab daya tahan tanah tak kuat oleh gerusan aliran sungai karena kontur tanah yang labil, rupanya juga terdapat 5 rumah Kepala Keluarga (KK) desa setempat yang terdampak longsor jauh-jauh hari sebelum longsor Dam Ngampon.

Lima KK itu meliputi kediaman keluarga Joyo Urip, Muhamad Atim, Nursam, Fatah, serta rumah kediaman Sukardi yang berada di bantaran sungai Ngampon, Dusun Jati.

[Baca juga:  Longsor Dam Ngampon Ancam Akses Warga ]

"Keadaannya ya begini. Sudah lama tergerus aliran sungai, sebab kontur tanah juga labil. Ada lima KK yang disini, yang kondisinya sama," ujar Kepala Desa (Kades) Jati, Saeko ketika mengunjungi lokasi rawan longsor, tepat berada dibelakang kediaman rumah Nursam yang cukup parah, Senin (26/3/2018).

Kades juga menambahkan, jika daerah bantaran sungai di aliran Ngampon yang cukup memacu keresahan warga sudah dilakukan pengajuan. Namun yang terjadi, belum juga dieksekusi malah ada tambahan longsor lagi di Dam Ngampon.

"Keduanya, masalah itu juga sama pentingnya. Jadi, akan kita pertimbangkan lebih matang lagi untuk menangani daerah longsoran itu," pungkasnya. [feb/ito]