Untuk ke Pasar, Warga Wukiharjo Tempuh Puluhan Kilometer

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Belanja kebutuhan hidup dan pangan sehari-hari merupakan hal penting untuk dilakukan setiap masyarakat umum, tak terkecuali masyarakat pinggiran Tuban. Namun, terkadang akses untuk membeli kebutuhan pokok tak semudah yang dibayangkan. Sebagaimana warga Wukiharjo, Kecamatan Parengan yang harus menempuh jarak puluhan kilometer hanya untuk ke pasar.

Letak geografis desa yang diapit serta dikelilingi perbukitan kapur Tuban selatan itu menjadikan warga yang ingin ke pasar harus menempuh jarak lebih dari sepuluh kilometer.

"Warga di sini kalau mau belanja ke pasar, ya di Pasar Parengan dan Pasar Prambon-Soko. Pasar terdekat dan terlengkap kan di sana," ujar Panidi, Warga desa Wukiharjo kepada blokTuban.com, Minggu (25/3/2018).

Ditambahkannya, jika sekadar belanja kebutuhan dapur sudah banyak toko yang menyediakan. Namun, jika ingin belanja untuk stok maupun belanja untuk acara besar, warga harus keluar desa. Turun gunung dan menempuh medan terjal yang sudah mulai rusak akibat kikisan air hujan, dan jalan aspal yang licin.

"Memang sudah begini keadaannya, menempuh puluhan kilo untuk ke pasar atau ke kota sudah biasa kita. Tetap disyukuri saja. Toh hasil bumi, panen tanaman petani juga sudah cukup bagi kami," pungkasnya. [feb/col]