Kekuatan 3.8 SR, Gempa di Kedalaman 9 Km

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sekitar pukul 10.49 WIB, sebagian warga di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro merasakan adanya gempa bumi. Walaupun cuma sebentar, tetapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung bereaksi untuk mencari titik gempa.

Informasi blokTuban.com, Kamis (19/10/2017) sesuai rilis dari BMKG menyebutkan, jika gempa tercatat 15 Km Timur Laut Bojonegoro dan sekitarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter itu berpusat di darat, 15 km arah Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 km.

"Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tretes, Suwardi.

Ditambahkan, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang.

"Berdasarkan informasi dari Stamet Tuban, getaran gempabumi dirasakan (I SIG BMKG / II-III MMI) di Tuban," tambahnya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi ini belum tercatat aktivitas gempa susulan. [pur/mu]