23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Multicurtural Day ke-3 UIN SA Surabaya

Makanan Khas Tuban Jadi yang Terfavorit

bloktuban.com | Thursday, 12 October 2017 09:00

Makanan Khas Tuban Jadi yang Terfavorit

Pengirim: Arifah Syarofina

blokTuban.com – International Office (IO) atau Pusat Layanan Internasional Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN SA) Surabaya menggelar Multicurtural Day ke-3 tahun 2017, di gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tema 'Unity in Diversity of Cultures', Rabu (11/10/2017).

Acara tersebut resmi dibuka oleh rektor UINSA Abdul A’la, dengan simbol ketukan angklung serta iringan sepuluh pasukan pengibar bendera setiap organisasi mahasiswa daerah (ormada) yang telah terpilih untuk berkompetisi dalam bazar budaya.

Mahasiswa UINSA yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Ronggolawe Tuban atau yang biasa dikenal dengan IMARO, antusias mengikuti acara itu. Hal ini terlihat sebelum acara 3rd Multicultural Day resmi dibuka oleh rektor UINSA, mereka mempersiapkan stand dengan berbagai ornamen khas Tuban, makanan tradisional, tarian tradisional serta duta yang akan diperlombakan dalam bazar budaya ini.

Persiapan-persiapan tersebut berupa miniatur pohon siwalan (yang dibuat dengan tongkat pramuka, kantong semen serta kardus bekas), keris khas Tuban, centak (gelas bambu untuk minum toak ataupun legen), dan patung kuda sebagai simbol kota Tuban yang digunakan sebagai hiasan stand. Makanan tradisional seperti ampo, nasi belut, buah ental atau biasa dikenal siwalan, dan legen serta menampilkan salah satu tarian khas Tuban yaitu tari miyang.

Saat prosesi pembukaan, rektor UINSA Abdul A’la beserta Anita Hayatunufus atau yang biasa dikenal dengan Anita wahid putri ketiga mantan presiden RI Abdurrahman Wahid (Gusdur), selaku perwakilan Alissa Wahid Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia turut mencicipi ampo (makanan khas Tuban yang terbuat dari tanah liat) dan legen dengan menggunakan centak.
 
Meskipun pertama kalinya mengikuti acara bazar budaya, IMARO menyabet juara 1 Traditional Favourite Food yang dibawa langsung dari Tuban yaitu ampo, siwalan, belut, dan legen. Tidak hanya itu, IMARO juga mendapat juara 3 dalam kompetisi performance yang menampilkan tari miyang.

“Kita ikut berpartisipasi kegiatan ini bukanlah untuk mencari siapa yang terbaik, bukan siapa yang terunik, dan bukan siapa yang terkreatif. Namun kita hanya ingin memperkenalkan kepada seluruh Indonesia bahkan dunia, inilah budaya kami, inilah khas kami, inilah tanah kelahiran kami. Meski dari tanah padas, tapi cita-cita kami tak kan pernah lekas,” tutur Andik Susanto, Ketua umum IMARO. [rom]

imaro

*Foto Rektor UINSA Abdul A’la dan Anita Wahid mencicipi legen khas Tuban

imaro1

*Foto Rektor UINSA Abdul A’la dan Anita Wahid mencicipi ampo khas Tuban

Tag : IMARO, Stand budaya dari imaro, imaro tuban, mahasiswa tuban, ampo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat