Perkuat Nasionalisme, IPNU-IPPNU Tuban Ikuti Lomba Gerak Jalan

Pengirim: Obi Khoiris

blokTuban.com - Mejelang puncak HUT Kemerdekaan RI ke-72, beberapa rangkaian kegiatan dan lomba mulai dilangsungkan Pemkab Tuban. Salah satunya lomba Gerak Jalan yang dilangsungkan kemarin (9/8/2017). Mengambil Start dan Finish di alun-alun Tuban, lomba ini menempuh jarak sekitar 17 Km.

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tuban, yang merupakan Badan Otonom Nahdlatul Ulama termuda, juga turut ambil peran sebagai peserta dalam lomba gerak jalan tersebut. Mengirimkan 1 regu putra (IPNU) dan 1 regu putri (IPPNU) yang berasal dari kader-kader di luar Kecamatan Kota Tuban.

Ketua PC IPNU Tuban, Sutrisno mengajak kepada seluruh kader IPNU-IPPNU untuk mengikuti lomba untuk memperingati HUT RI ke-72 ini dengan menjunjung tinggi semangat persatuan, kesatuan, dan Nasionalisme. Tak hanya itu, diapun berpesan kepada seluruh jajaran pengurus Pimpinan Cabang (PC), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT), Pimpinan Ranting (PR), dan Pimpinan Komisariat (PK) se Kabupaten Tuban untuk turut serta ambil peran dalam perberlombaan-perlombaan 17 Agustusan tahun ini sesuai tingkatan masing-masing.

“Maknailah arti perjuangan para pahlawan dengan ambil peran di setiap kegiatan Agustus-an, berlombalah yang jujur, sportif, gigih dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke-72 ini,” ucapnya.

Sementara, itu di tempat yang sama ketua PC IPPNU Tuban, Hikmatuz Zakiyyah mengatakan, lomba gerak jalan merupakan hal
yang sangat positif, karena selain berolahraga menjaga kesehatan Jasmani, di dalamnya terkandung juga rasa kebersamaan, kekompakan, semangat dan jiwa sportivitas.

Hal yang terpenting menurutnya adalah upaya membangun mental dan karakter anak-anak bangsa yang Nasionalis, berbudi dan berpekerti luhur, sehingga menjadi harapan masa depan bangsa. Tema peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia Ke-72 kali ini adalah Indonesia Kerja Bersama yang memiliki arti sangat mendalam.

"Di mana dalam mebangun bangsa dan negara memerlukan dukungan serta kerja sama yang harmonis dari seluruh komponen bangsa” tegasnya.

Di bagian lain di sepanjang rute yang dilalui oleh regu dari PC IPNU –IPPNU Tuban selalu menjadi pusat perhatian, lagu Syubbanol Wathon, Mars IPNU, Mars IPPNU hingga Mars Banser dinyanyikan tanpa henti mulai garis start hingga finish. Tak ayal penampilan menawan ini membuat penonton betah dan mengabadikan momen ini dalam foto maupun video. [ito]