PT TGE Berhenti Suplai Minyak ke Pertamina?

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pada bulan ini, PT Tawun Gegunung Energi (TGE) mengaku off menyuplai minyak ke PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Padahal sebelumnya, pada bulan Februari 2017 telah mengirim 10 ribu liter minyak.

Field Manager PT TGE, Ervino ketika ditemui blokTuban.com, Senin (12/6/2017) menyebutkan, sumur tua yang berada di lapangan Gegunung Belanda (GGNB) Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban hasilnya mengalami penurunan.

"Pengiriman di bulan Mei berhenti, sebab hasilnya jauh dari target," kata pria yang akrab disapa Vino itu.

Saat bertemu blokTuban.com di kantornya yang berada di Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Vino mengaku terus berusaha untuk menambah hasil minyak agar bisa penuhi target. Untuk itu, pihak enjinering perusahaan terus melakukan analisa.

"Target kita 100 barrel per hari," tandas pria berkumis itu.

Ketika disinggung hasil minyak sejak Februari hingga April, Vino enggan berkomentar. Dirinya hanya bisa berkata jika TGE belum bisa penuhi target.

Kemudian, apa langkah selanjutnya yang akan ditempuh untuk mencapai target? Pihaknya menegaskan tetap menunggu perintah dari manajerial yang ada di Jakarta. Sebab menurut dia, pihaknya sebagai tim lapangan harus menunggu instruksi dari pusat.

Diberitakan sebelumnya, PT TGE mulai mengumpulkan minyak pada bulan Desember 2016. Kemudian pada bulan Februari 2017 bisa mengirim dua tangki dengan kapasitas sekali kirim 5000 liter.

Dari data yang dimiliki blokTuban.com menyebutkan, setelah sumur minyak tua di lapangan GGNB, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban ditertibkan, Selasa (9/8/2016) silam, sumur tersebut resmi dikelola perusahaan Kerja Sama Operasi (KSO) Pertamina EP, PT TGE dan Perusahaan Daerah Aneka Tambang (PDAT) Kabupaten Tuban.

Di lapangan GGNB sendiri terdapat 22 sumur tua peninggalan kolonial. Sebanyak 12 sumur dikelola PT TGE. Selebihnya, yang berjumlah 10 sumur dikelola oleh PDAT milik Pemerintah Kabupaten Tuban.[rof/ito]