Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dekatkan diri dengan masyarakat, Tagana Kabupaten Tuban bentuk Tagana Teman Masyarakat dan Perlindungan untuk Semua atau disebut TTM Plus, Sabtu (10/6/2017) sore di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten setempat.

Deklarasi yang di ikuti oleh 23 organisasi dan lembaga itu juga dikemas dalam acara santunan kepada 70 anak yatim dan 15 dhuafa dan ditutup dengan buka puasa bersama. Tampak hadir beberapa perwakilan dari beberapa organisasi, lembaga, dunia usaha dan komunitas peduli sosial yang ada di Kabupaten Tuban.

Koordinator TTM Plus, Fuad kepada blokTuban.com mengatakan, tujuan dari dibentuknya perkumpulan tersebut, ingin mengajak berbagai komponen yang punya kepedulian sosial untuk berkomitmen bersama menjadi pelaku kemanusiaan yang ada di Kabupaten Tuban.

"TTM Plus merupakan program dari Tagana untuk semakin dekat dengan masyarakat," kata Fuad usai berlangsungnya kegiatan.

Diungkapkan Fuad, selama ini Rengel merupakan satu diantara wilayah di Kabupaten Tuban yang rawan bencana alam. Seperti yang terjadi beberapa bulan lalu, Kecamatan Rengel merupakan daerah yang paling parah terdampak luapan banjir Bengawan Solo.

Dengan dibentuknya TTM Plus, menurut pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Tagana Kabupaten Tuban itu, diaharapkan bisa memberikan pelayanan pada masyarakat korban bencana. Di antaranya meliputi bantuan penyediaan makanan, memberi psikososial bagi korban yang traumatis, dan memberikan pelayan pada anak usia sekolah agar tetap bisa menjalankan aktivitas belajar walaupun dilanda bencana.

"Dengan bekal yang dimiliki Tagana, diharapkan TTM Plus bisa bermanfaat bagi warga Rengel," tegasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna (Kartar) Kecamatan Rengel, Musyafa' menambahkan Tagana Rengel sudah lama ada. Kemudian, dengan dibentuknya TTM Plus sebagai program pengembangan Tagana, kata dia, bertujuan menumbuhkan dan menyatukan kepedulian masyarakat dan Organisasi Masyarakat (Ormas) terhadap kondisi sosial masyarakat Rengel.

"Semoga dengan TTM Plus masyarakat makin peduli," tukas pria religius itu.

Berdasarkan info yang diterima blokTuban.com menyebutkan ada tiga hal yang akan dilakukan oleh tim TTM Plus sebagai prioritas penanganan pada daerah rawan bencana.

Tiga hal tersebut meliputi kegiatan Pra Bencana yang terbagi dalam kegiatan mitigasi, memberikan pelatihan penanggulangan bencana pada anak sekolah (TAGANA go to School) dan tanam Pohon (TAGANA Go Green).

Kemudian saat bencana TTM Plus akan melakukan pembuatan dapur umum, pengiriman nasi bungkus utk korban bencana, melakukan pendampingan sosial pada korban bencana, dan memberikan fasilitas anak sekolah korban banjir untuk berangkat ke sekolah.

Sedangkan untuk pasca bencana, TTM Plus akan melakukan usaha pemulihan fasilitas umum (Fasum) dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengadakan bakti sosial. [rof/col]