Peringati Hari Kartini, Berharap Siswi Terinspirasi Perjuangannya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berbagai rangkaian kegiatan, dalam memperingati Hari Kartini diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Islam Nurul Anwar (Yapina) Desa Pakel, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban Minggu (23/4/2017).

Mulai pagi, ratusan warga sekolah dari anak-anak PAUD, RA, MI, SMP, SMA, Guru dan Wali murid, mengikuti kegiatan kirab keliling yang sebelumnya telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Kartini.

Dalam kirab keliling tersebut, peserta yang memakai busana adat Jawa berjalan dengan jarak kurang lebih 3 kilometer. Kegiatan juga disemarakkan dberbagai kegiatan hasil ekstrakurikuler yang ada di sekolah, termasuk qosidah modern dan musik gamelan atau tonglek.

Dari keterangan salah satu guru, Syaiin Aliman, peringatan Hari Kartini ini diselenggarakan setiap tahun dengan diikuti oleh semua siswa-siswi dan beberapa wali murid dengan rangkaian kegiatan mulai upacara, kirab keliling dan pentas seni.

"Kali ini untuk memperingati Hari Kartini sekolah adakan upacara, kirab semua siswa-siswi dan pentas seni," ungkap Syaiin sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Ia mengaku kegiatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Kartini, sosok perempuan Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat perempuan agar bisa lebih baik dari segi pendidikan.

"Kegiatan ini bertujuan supaya siswa-siswi mengenang perjuangan Ibu Kartini yang hingga kini masih terasa," ujarnya.

Syaiin berharap dengan adanya kegiatan seperti ini para siswi bisa terinspirasi menjadi Kartini baru di masa yang akan datang. [hud/col]