Kejar Target Produktifitas Pangan, Pemkab Perbaiki Saluran Irigasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban dalam upaya mencapai target produtifitas pangan melakukan perbaikan saluran irigasi.

"Dalam APBD 2017 ini, Pemkab telah menganggarkan Rp8,967 miliar untuk pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi," kata Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Dharmadhin Noor.

Pembangunan dan perbaikan saluran irigasi ini, lanjut Dharmadhin Noor, difokuskan di 12 dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Beberapa kecamatan diantaranya Jatirogo, Jenu, Kenduruan, Merakurak, Parengan, Plumpang, Rengel, Semanding, Singgahan, Tambakboyo, Widang dan Tuban.

Seperti diketahui, target produktifitas pangan pada tahap dua, yakni pada bulan April sampai September 2017  mendatang yakni 101.000 hektar yang merupakan target ideal Kabupaten Tuban. Namun kementerian pertanian telah menargetkan 123.000 hektar​, lantas hal tersebut menuntut pihak terkait untuk bekerja keras.

Untuk merealisasikan target tersebut, masih kata Dharmadhin Noor, kedepan akan dibantu oleh aparat TNI selaku pengawas program Upaya Khusus (Upsus). Tujuannya tidak lain untuk melakukan berbagai upaya dalam mendorong petani mencapai target tersebut.

“Saat ini kami berupaya untuk merealisasikan target tersebut, salah satunya dengan membangun jaringan irigasi untuk membantu pengairan petani,” jelasnya. [dwi/rom]