Tanaman Kentang Hitam di Hargoretno Terus Bertambah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Setiap tahun, luas tanaman kentang hitam di Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban terus bertambah, lantaran desa yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Montong itu sudah bertahun-tahun menghasilkan kualitas kentang hitam yang bagus.

Kali ini, tanaman kentang hitam yang dilakukan secara tumpang sari dengan tanaman jagung itu terdapat sekitar 17 hektar lebih. Dibandingkan dengan musim lalu, peningkatan luas tanaman kentang hitam musim ini meningkat hingga 5 hektar.

"Dari tahun ketahun petani di Desa Hargoretno yang minat menanam kentang hitam terus meningkat, adapun lahan yang ditanami oleh warga adalah lahan pekarangan rumah maupun persil," kata Widayat, Kasi Pertanian dan Pengairan desa setempat, Kamis (9/3/2017).

Widayat mengaku, selama ini meski luas tanaman kentang hitam terus meningkat, para petani masih terkendala pada musim. Pasalnya, saat musim penghujan atau curah hujan tinggi tanaman kentang hitam mempunyai isi yang kurang maksimal.

Ia menambahkan, akhir-akhir ini tanaman yang dapat saat panen dengan usia sekitar empat bulan tersebut banyak dikirim ke Kabupaten Lamongan, Gresik dan sebagianya di pasar lokal.

"Untuk penjualan kentang sendiri, sudah banyak tengkulak-tengkulak dari luar Kabupaten Tuban dan pedagang lokal yang datang untuk membeli," kata Widayat. [hud/rom]