Fasilitas Rusak, Warga Minta Pemerintah Turun Tangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sejumlah sarana dan prasarana milik dinas terkait di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban rusak, Kamis (9/2/2017). Fasilitas umum yang sudah seharusnya segera dibenahi seperti Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dan jalan raya.

Di Kecamatan Jatirogo misalnya, LPJU sebelumnya mati sekitar 1 tahun. Tidak bertahan lama, setelah diperbaiki baru 4 bulan LPJU yang terletak 100 meter utara terminal Jatirogo itu rusak lagi.

"Lampunya mati sudah lama, kemudian nyala dan kini mati lagi," ungkap salah satu warga Desa Bader Kecamatan Jatirogo, Suprapto (54) yang bekerja sebagai penambal ban motor di jalan Raya Bulu.

Warga lain juga menyebutkan, jika malam tidak jarang mobil terperosok ke kubangan yang ada di jalan, sehingga menimbulkan suara bising. Menurut dia, sudah seharusnya pemerintah segera menangani perihal tersebut.

"Jalan Raya Bulu, dari Desa Sadang hingga Bader sangat parah, kami mohon untuk segera ditangani," keluh Andi (35), alumnus kampus ternama di Tuban itu.

Tidak hanya di jalan raya Jatirogo-Bulu, keluhan sarana dan prasarana disampaikan pengguna jalan Montong-Singgahan akibat kerusakan jalan dan LPJU. Mereka tidak lagi menemukan kenyamanan saat berkendara, karena bahaya mengancam.

"Jalanan cukup berbahaya, lubang menganga di mana-mana," ungkap Ahmad, ketika melintas di wilayah Ngemplak, Mulyoagung, Singgahan.

Sementara warga Singgahan, Al kepada blokTuban.com mengaku was-was ketika hendak pulang dari Tuban ke rumahnya yang berada di Kecamatan Singgahan saat hari sudah petang. Sebab beberapa LPJU di area hutan Montong sudah lama mati, seperti tidak bertuan.

"Kacau kalau pulang malam, sebelumnya terang dengan adanya LPJU, tapi kini sudah mati dan belum juga ditangani," tegasnya.

Dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com di lapangan, kerusakan fasilitas umum cukup meresahkan warga. Dari beberapa Kecamatan yang berada di Tuban, selain fasilitas di jalur poros kabupaten ada pula di jalur poros Provinsi yang kondisinya cukup memprihatinkan dan perlu adanya penanganan secara serius. [rof/rom]