Bengawan Solo Siaga Merah, Kali Kening Terus Naik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Saat ini, Bengawan Solo siaga merah dan tinggi muka air Kali Kening terjadi kenaikan. Warga Tuban yang ada di bantaran Kali Kening mulai waspada.

Data yang berhasil di terima blokTuban.com dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air (PaSDA) Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, tinggi air di Karangnongko mencapai 28.50 peilschaal yang menunjukkan tren turun. Tinggi air di Bojonegoro menunjukkan 14.74 peilschaal siaga merah dengan tren naik. Sementara tinggi muka air kali kening juga mengalami kenaikan.

Petugas pos pemantau Kali Kening di Pemantauan Tinggi Muka Air (TMA) satasiun kali kening, Desa Selogabus, Parengan, Tuban, Mad Salam ketika ditemui blokTuban.com mengatakan, pada pukul 19.30 WIB tinggi muka air naik menjadi 4,40 meter.

"Tinggi muka air Kali Kening terus naik, karena tadi pagi pukul 07.00 WIB setinggi 3,9 meter," Terang Mad Salam kepada blokTuban.com, Rabu (30/11/2016).

Lanjut Mad Salam menjelaskan, tingginya muka air Kali Kening diakibatkan TMA Bengawan Solo juga naik. Selain itu, air kiriman dari hulu Kali Kening, debit airnya juga meningkatkan akibat guyuran air hujan.

"Kali Kening dinyatakan siaga merah jika sudan mendekati angka TMA Kali Kening 5-6 meter," tandasnya.

Kemudian lanjutnya, jika TMA Kali Kening 5 meter sudah di pastikan Desa Margorejo dan Selogabus persawahan tergenang banjir. Namun, jika terus naik di angka 6 meter, maka perumahan warga yang akan direndam air.[rof/ito]