Panen, Harga Kedelai di Senori Stabil

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Musim panen harga kedelai di Kecamatan Senori terpantau stabil. Setelah beberapa daerah mengalami masa panen, kini harga kedelai lokal kisaran tiga sampai empat ribu rupiah.

Salah satu petanai kedelai asal Desa Medalem, Kecamatan Senori, Munipah (33) saat ditemui blokTuban.com mengatakan, beredar kabar dari para petani di desanya yang lebih dulu panen mengaku kedelainya laku hingga harga tertinggi Rp5.000 per kilogramnya.

"Kabarnya yang sudah menjual lebih dulu, dibeli kisaran Rp4.000 sampai Rp5.000," jelas Munipah ketika menjemur kedelainya, Sabtu (5/11/2016).

Menurutnya, harga jual kedelai lokal kali ini tidak beda jauh dengan harga sebelum masa panen. Diakuinya kalaupun ada perubahan, harga tidak terlalu mencolok.

Senada juga disampaikan pengepul palawija asal Desa Jatisari, Senori, Tuban, Mahzum (65). Menurutnya harga beli di petani saat musim panen kali ini dikisaran Rp3.000 hingga Rp5.000.

"Tergantung kualitas kedelainya, itu harga terendah hingga tertinggi," imbuh pengepul yang menempati kios depan pasar Desa Jatisari itu. [rof/rom]