Sampah Alun-alun Mencapai 8 Truk

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puncak Haul Sunan Bonang ke-507, menjadi tujuan berwisata religi bagi umat muslim dari berbagai daerah. Efek negatifnya, penumpukan sampah pun tampak di beberapa sudut alun-alun Tuban.

Dwi Dirjo, petugas kebersihan alun-alun Tuban mengatakan, sampah menumpuk di beberapa lokasi keramaian yang menjadi tujuan wisatawan. Seperti di Alun-alun Kota Tuban yang menjadi pusat malam puncak Haul.

“Jumlah sampah yang dibersihkan mencapai delapan truk pengangkut sampah,” kata petugas kebersihan alun-alun, Jum'at (21/10/2016).

Untuk pembersihan sampah, kata dia, pekerja terjun di lapangan sejak pukul lima pagi, namun hingga pukul sembilan sampah masih belum semua bersih. Minimnya anggota kebersihan menurut dia jadi salah satu kendala mengatasi sampah di alun-alun.

"Jumlah kita minim dan volume sampah cukup tinggi," tandasnya.

Lanjutnya, dari tahun ke tahun sampah makin tinggi volumenya. Keadaan itu disebabkan kurang adanya kesadaran pengunjung maupun PKL yang berada di alun-alun.

"Harapan kami, semoga tahun depan ada penambahan personil kebersihan dari panitia haul untuk mengatasi sampah," pungkasnya. [rof/ito]