Sering Turun Hujan, Petani Kerek Siap Tanam Jagung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim ini para petani kembali lagi memburu benih, Rabu(28/9/2016). Hal itu menjadi berkah tersendiri bagi para penjual benih  pertanian yang berada di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Pasalnya, akhir-akhir ini hampir setiap hari di kawasan tersebut diguyur hujan beritensitas rendah maupun lebat.

Tak pelak, para petani pun banyak yang memburu benih lagi untuk ditanam di ladang maupun dipekarangan, yang sebelumnya telah usai dipanen beberapa minggu lalu. Selain benih yang diburu para petani, obat pertanian juga banyak di buru untuk mengantisipasi datangnya penyakit pada tumbuhan.

Salah satu pembeli Benih Jagung di Desa Jarorejo, Balid (50) mengatakan setelah melakukan panenan singkong kemarin, ladangnya dibiarkan bero karena hujan belum datang sesering ini. Namun kali ini ladang tersebut akan ditanami tanaman jagung, yang mana ladangnya bisa ditanami hingga 10 kilogram benih jagung.

"Sekarang saya membeli 10 kilogram benih jagung untuk saya tanam di ladang," ungkap Balid kepada blokTuban.com.

Balid menambahkan, musim ini berbeda jauh dengan musim tahun lalu, pasalnya tahun ini bulan delapan hingga sembilan masih sering datang hujan, sebelumnya bulan delapan dan sembilan sudah tidak ada tanaman sama sekali di ladang.

Salah satu penjual benih dan obat-obatan pertanian Suyadi mengaku pada tahun ini di bulan delapan hingga bulan sembilan benih yang saya jual masih laris, dalam sehari masih bisa menghabiskan sekitar 60 kilogram benih jagung.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, untuk sekarang benih masih laku lumayan banyak," pungkas Suyadi.[hud/ito]