Sebelas DPAC PKB di Tuban Serentak Gelar PKP

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pendidikan politik di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak hanya dilakukan di tingkat pusat atau bagi kalangan tertentu saja. Pendidikan maupun pelatihan bagi kader partai politik di tingkat dasar turut menjadi penting.

Kegiatan tersebut bukan semata-mata untuk mendukung visi dan misi partai dari tingkat ranting, pendidikan politik bagi kader pertama juga merupakan cara untuk menyebarluaskan nilai-nilai baik politik sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat langsung dari tingkat dasar.

Sesuai dengan tujuan tersebut, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Tuban, Miyadi mengatakan, di bulan ini terdapat sebelas dari dua puluh Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC PKB) di Kabupaten Tuban Serentak adakan Pendidikan Kader Pertama (PKP).

"Dibawah pantauan DPC PKB Tuban, mulai tanggal 26 sampai dengan 29 September 2016, PKP digelar di sebelas titik," papar Politisi PKB yang menjabat sebagai DPRD Tuban saat ini.

Lebih lanjut, wakil rakyat dari Dapil satu itu menambahkan, PKP dilakukan dengan tujuan konsolidasi partai untuk menumbuhkan kader partai yang militan, siap menghadapi perkembangan zaman, dan menjadikan partai sebagai alat perjuangan membela rakyat.

Sebelas DPAC yang menggelar PKP yaitu Kecamatan Tuban, Merakurak, Kerek, Montong, Senori, Bangilan, Jenu, Tambakboyo, Widang, Semanding dan Grabagan.

"Sisanya diagendakan antara bulan November hingga Desember," imbuh Miyadi.

PKP sendiri merupakan program kaderisasi yang dilakukan PKB di tingkat dasar dan segala pembiayaannya biasanya diambilkan dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB. Namun, Kabupaten Tuban saat ini satu-satunya DPC PKB yang mengadakan PKP secara mandiri.

Hal itu disampaikan salah satu Instruktur PKP dari DPP PKB, Eman Hermawan. "Saai ini Tuban merupakan satu-satunya DPC PKB yang menggelar PKP secara mandiri," ungkap mantan Ketua Umum Garda Bangsa saat berada di Bangilan, Selasa (27/9/2016) kemarin.[rof/ito]