Satukan Desa, Gelar Lomba Cipta Menu Kuliner

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pemerintah Desa Kedungjambe bersama panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN), dan juga tim penggerak PKK menggelar lomba cipta menu masakan makan siang yang ditujukan untuk ibu rumah tangga dari tiap RT.

Lomba Kategori menu cipta makan siang untuk sajian 1 ayah 1 ibu dan dua 2 anak itu digelar di pendopo balai desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Minggu (4/9/2016).

Kepala Desa Kedungjambe, Anshori saat ditemui blokTuban.com mengungkapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengelola masakan untuk disajikan saat makan siang, serta menghasilkan masakan yang mengundang selera juga mempromosikan keanekaragaman bahan pangan.

"Dengan batasan maxsimum, dana Rp75.000 untuk membuat menu makanan diperuntukkan 4 individu," jelas panitia pelaksana kepada blokTuban.com, Minggu (4/9/2016).

Selain itu, tujuan kegiatan yang diikuti 12 RT dari 16 RT se-Desa Kedungjambe guna mempertemukan para ibu-ibu dari berbagai kalangan masyarakat agar tercipta kerukunan antar warga. Karena di desa tersebut juga ada satu dusun yang terletak di tengah hutan, jika mau ke dusun yang bernama Galoh itu harus menempuh jarak sekitar 1,5 KM dari balai desa.

"Manfaatnya sangat banyak tentunya, dari lomba cipta menu kuliner pedesaan ini," tandasnya.

Masih kata Anshori, bahwa lomba memasak menu makan siang ini, menurutnya dapat membuat para suami betah di rumah, dikarenakan sang istri gemar memasak.

Terpisah, suami dari koki sekaligus ketua pelaksana lomba, Abd. Jalal Dimyati mengungkapkan, apresiasi tinggi buat para istri, secara ikhlas mampu menciptakan makanan sehat buat keluarga walaupun terkadang itu jarang dihargai oleh para suami. Hal ini juga akan sejalan dengan mempromosikan gemar memasak dan makan 4 sehat 5 sempurna.

"Lewat lomba ini agar cara hidup yang konsumtif diharapkan tidak menjalar di desa-desa, para ibu lebih gemar memasak," imbuhnya.

Lebih-lebih, hasilnya nanti agar tercipta generasi penerus yang handal dalam mewujudkan Desa Kedungjambe yang sehat, maju, dan sejahtera. [rof/rom]