Bulan Jawa Masih Jadi Patokan Langsungkan Pernikahan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Angka pernikahan di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada bulan Agustus 2016 mencapai pada angka minimalnya. Selama bulan tersebut hanya ada 15 pasangan yang melangsungkan momen sakral seumur hidup itu.

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya yakni bulan Juli yang mencapai 116 pasang, maka pada bulan Agustus ini terpaut jauh. Hal ini dikarenakan sesuai dengan kebudayaan yang dipegang teguh masyarakat jawa yakni adat atau kepercayaan bahwa pada bulan Selo ini merupakan sebuah pantangan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan, sunatan atau tradisi jawa lainnya.

"15 pasangan pengantin tersebut menyelenggarakan pernikahan tidak sampai lewat tanggal 4 Agustus yang mana masih bulan Syawal," tutur Muhammad Qosim, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Montong kepada
blokTuban.com, Jumat (2/9/2016).

Diketahui bahwa pada bulan Agustus awal hingga tanggal 4 masih merupakan bulan Syawal, sehingga masyarakat yang melangsungkan pernikahan lumayan banyak, namun memasuki tanggal 5 Agustus dimana telah masuk pada bulan Selo (Penanggalan Jawa) sampai bulan Agustus berakhir tidak ada lagi yang melangsungkan pernikahan.

"Memasuki bulan Selo, tidak ada sama sekali pernikahan," ungkapnya.

Meski di bulan Agustus angka pernikahan sedikit, namun diperkirakan pada bulan September angka pernikahan akan kembali naik. [hud/rom]