Truk Pengangkut Hewan Semrawut, Jalan Pasar Macet

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kemacetan arus lalu lintas terjadi di ruas jalan raya Jatirogo, tepatnya di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban sejak pagi tadi, Jum'at (2/9/2016). Kemacetan sekitar 1 Kilometer dari arah Bojonegoro-Jatirogo atau sebaliknya itu diakibatkan kendaraan keluar masuk di pasar hewan setempat.

Untuk mengurai kemacetan, petugas parkir pasar berjibaku berusaha menertibkan kendaraan yang rata-rata bermuatan hewan ternak. Menurut warga setempat yang berjualan di depan pasar, Gatro (38) menuturkan, bahwa kemacetan terjadi sejak pukul 06.00 WIB.

"Pengunjung hari ini mulai meningkat untuk berburu hewan kurban, sehingga mengakibatkan menumpuknya kendaraan di depan pasar," ujar Pemilik warung makan depan pasar hewan tersebut, Jum'at (2/9/2016).

Pasar hewan ini kerap memacetkan arus lalu lintas setiap hari Jum'at, terlebih di bulan Dzulhijjah menjelang Lebaran Idul Adha. Pengunjung pasar datang dari berbagai daerah, tak hanya dari wilayah Tuban, namun juga Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Tak sedikit pengguna jalan mengeluh akibat kemacetan, mereka harus mengantre menunggu mobil bermuatan hewan keluar masuk pasar. Bahkan beberapa truk bermuatan sapi tampak melintang di tengah jalan untuk berputar memasuki parkiran yang berada di pinggir bahu jalan tersebut.

"Jalanan macet, mobil terpaksa harus merayap," tutur sopir pick up yang hendak melintas, Supri, warga Dingil, Jatirogo. [rof/rom]