Satu Lagi, Puskesmas di Tuban Terapkan Maklumat Pelayanan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Puskesmas Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur baru saja melakukan konsultasi publik dan penandatanganan Maklumat pelayanan di balai pertemuan Kecamatan Jenu, Tuban pada Kamis (1/9/2016).

Acara yang dirangkai dengan seminar pelayanan publik tersebut merupakan proses akhir dalam penyusunan standar pelayanan menggunakan Citizen Charter atau maklumat pelayanan. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, Camat Jenu, Kapolsek Jenu, Danramil Jenu, Direktur IDFoS, Ketua LPPM STAI Al Hikmah Tuban dan masyarakat Jenu yang tergabung dalam Forum Masyarakat Madani (FMM).

Acara tersebut diawali denga sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, yang menuturkan bahwa dengan diterapkannya Maklumat Pelayanan akan terjadi komunikasi dua arah antara pengguna dan pemberi layanan.

“Apa yang dipunyai oleh pemberi layanan yakni puskesmas Jenu dan apa yang diinginkan oleh pengguna layanan yakni masyarkat, akan sama-sama dipahami. Inti dari maklumat pelayanan ini adalah adanya keseimbangan hak pengguna dan pemberi layanan yang akan mewujudkan pelayanan yang baik, selain sebagai syarat akreditasi puskesmas,” paparnya.

Ditambahkannya, dalam penerapan Maklumat Pelayanan ini tidak bersifat statis, dalam artian masih diperlukan terus untuk melakukan pembaharuan isi draf maklumat pelayanan secara periodik, sesuai dengan perkembangan waktu, perkembangan SDM, dan tuntutan dari masyarakat.

Setelah sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan, dilanjutkan dengan sambutan Camat Jenu, Kasmuri, dan direktur IDFoS Indonesia, Ahmad Taufik, serta diteruskan dengan seminar pelayanan Publik yang menghadirkan dua narasumber yakni Agus Widyarta dari Ombudsman, dan Rizal Zubad Firdausi dari IDFoS Indonesia.

Selain seminar, inti dari acara ini adalah pemaparan isi draf Maklumat Pelayanan yang berisi tentang poin-poin kesepakatan standar pelayanan di Puskesmas Jenu. Beberapa poin tersebut yang diambil dari masukan-masukan masyarakat berdasarkan baseline pelayanan Puskesmas Jenu pada proses sebelumnya.

Pemaparan isi Maklumat Pelayanan disampaikan oleh Dr. Dede selaku kepala Puskesmas Jenu dan mekanisme complain masyarakat yang disampaikan oleh Zawawi selaku ketua Forum Masyrakat Madani (FMM) kecamatan Jenu. Pasca pemaparan dilanjutkan dengan konsultasi publik terkait isi dari draf maklumat pelayanan tersebut, dan ketika seluruh forum yang hadir menyepakati dilanjutkan dengan penandatanganan draf tersebut yang dilakukan oleh pihak puskesmas Jenu dan dari pihak IDFoS Indonesia.

Untuk diketahui, Puskesmas Jenu merupakan puskesmas kedua di Kabupaten Tuban yang menerapkan pelayanan menggunakan Maklumat Pelayanan atau Citizen Charter, setalah puskesmas pertama yang telah lebih dulu mengimplementasikannya, yakni Puskesmas Kecamatan Soko, Tuban.

“Ini adalah puskesmas yang kedua,” pungkas ketua LPPM STAI Al Hikmah Tuban, Joko Hadi Purnomo.

Data yang dihimpun blokTuban.com, Kegiatan ini merupakan kerjasama IDFoS (Institute Development of Socety) dengan LPPM STAI Al Hikmah Tuban dalam sebuah pengabdian kepada masyarakat Tuban. [rof/rom]