Tak Mau Ketinggalan, Ratusan Anak PAUD Ikut Karnaval

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PUD) se-Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban tak mau ketinggalan ikut merayakan HUT RI ke-71, dengan memeriahkan karnaval, Kamis (18/8/2016).

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) melepas 29 kelompok PAUD untuk meramaikan pawai kreativitas pagi ini. "Panjang rute yang ditempuh sekitar 1 Kilometer," ujar Ummi Hidayatin, Ketua HIMPAUDI Bangilan kepada blokTuban.com.

Pelepasan yang dihadiri segenap jajaran UPT Dikpora Bangilan dan panitia peringatan hari besar nasional (PHBN) tersebut dilangsungkan di pintu masuk Lapangan 17 Agustus Bangilan. Para anak PAUD dan bunda berpakaian mirip buah-buahan.

"Tujuannya meningkat kreativitas guru, orang tua dan anak," imbuh wanita yang akrab disapa Bu Hid.

Selain itu, beberapa bunda PAUD juga tetap ikut serta mendampingi anak-anaknya. Meski terik matahari menyengat, para murid PAUD tetap semangat menyusuri jalur Karnaval yang telah ditentukan panitia. Bertolak dari Lapangan 17 Agustus Bangilan menuju Jalan Kauman dan finish di pertigaan Kauman, Bangilan.

"Dengat semangat kemerdekaan kami tetap antusias untuk mengukutinya" jelas Wartingah bunda PAUD 'Harapan Bangsa' Kumpulrejo, Bangilan.

Lanjutnya, dengan menampilkan miniatur buah juga mengkampanyekan manfaat buah untuk kehidupan sehari-hari. Para peserta mengajak seluruh masyarakat yang menyaksikan untuk selalu mengkonsumsi buah. Selain itu, para bunda melatih peserta didiknya agar terbiasa berjalan kaki demi kesehatan.

"Anak-anak juga semangat dengan kostum buahnya," pungkas Wartingah. [rof/rom]