Penambang Hadang Petugas di Jalan Masuk Sumur

Reporter: Moch Nur Rofiq

blokTuban.com - Warga yang melakukan aktivitas menambang di Sumur Tua, Lapangan Tawun Gegunung, menghadang langkah petugas yang akan melakukan penertiban. Hal itu dilakukan dengan beramai-ramai.

Pantauan di lapangan, sekitar 100 penambang menghadang akses jalan menuju lokasi Sumur Tua yang ada di Dusun Gegunung, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

[Baca juga: Hari Ini, Sumur Tua Gegunung Ditertibkan]

Mereka menghadang petugas dengan memblokir jalan. Pemblokiran jalan menggunakan kawat yang direntangkan dan diikat menggunakan kayu. "Kami sejak pagi tadi sudah persiapan di pintu masuk lokasi," jelas salah satu penambang, Slamet (39), kepada blokTuban.com di lokasi, Selasa (9/8/2016).

Penambang juga tampak membentangkan spanduk, dengan beragam tulisan. Seperti "Merampas Sumur Tua dari Kami, sama dengan membunuh anak istri" dan juga "Ketimbang sumur muk jaluk mending pateni wae".

Mereka berkeras agar tetap bisa diperbolehkan menambang di lokasi sumur tua. Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, tampak serius melakukan negoisasi dengan warga. Supaya petugas penertiban bisa masuk ke lokasi Sumur Tua. [fiq/mad]