ITS Launching Prodistik di Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menunjukkan pengabdiannya kepada masyarakat dengan launching Progam Pendidikan terapan Teknologi Informatika dan Komunikasi (Prodistik) di Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah Senori.

Acara ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MOU) kerjasama antara ITS Surabaya dengan MA Islamiyah Senori di aula
Yayasan Sunnatunnur Senori, Tuban, Minggu (7/8/2016).

Ketua tim Prodistik ITS, Ismaini Zain mengatakan, Prodistik yang ditujukan bagi siswa X Madrasah Aliyah Islamiyah Senori, untuk mengenalkan TIK secara terapan non Formal sehingga menghasilkan lulusan siap di dunia kerja.

"Lahirnya progam pendidikan terapan (non formal) bidang TIK sebagai bentuk pengabdian ITS Surabaya kepada masyarakat, khususnya dunia pendidikan," beber Ismaini dalam sambutannya, di hadapan ratusan orang tua siswa.

Ia juga menyebutkan dalam pelaksanaan prodistik contens pembelajaran diserahkan kepada sekolah dan tutornya. Siswa juga dikenalkan pembelajaran civitas academia, yakni mengikuti kelas dengan sistem kredit semester (SKS) sejumlah 25 SKS.

"Dalam hitungan, nanti pembelajaran dibagi 5 semester ditempuh 2,5 tahun, setelah akhir juga diwisuda," imbuhnya.

Masih Ismaini, lulusan Prodistik nanti juga akan diberikan sertifikat disederajatkan D1 yang diakui oleh ITS surabaya sebagai mitra. 

Sementara itu, H.Fajrudduha, selaku pengurus Yayasan Sunnatunnur mengatakan, pihaknya menyambut baik atas kepercayaan ITS Surabaya yang diberikan. "Terima Kasih telah memberi kepercayaan progam terapan Prodistik kepada MA Islamiyah Senori," sambungnya.

Harapannya ke depan kerjasama tidak sebatas bidang TIK namun, juga progam-progam pembelajaran lainnya yang menunjang kreatifitas siswa.

Diketahui Madrasah Aliyah Islamiyah Senori menjadi mitra ITS Surabaya dari 26 Institusi pendidikan se-Jawa Timur. Sedangkan MA Islamiyah Senori menjadi satu-satunya mitra ITS surabaya yang berada dikabupaten Tuban.[rof/ito]