JOB PPEJ dan BPBD Gelar Simulasi Penanganan Minyak Tumpah

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) menggelar simulasi penanganan minyak tumpah di perairan laut Desa Kradenan Kecamatan Palang, Minggu (6/8/2016), sekitar pukul 09.00 WIB. Pada giat ini, Perusahaan yang bergerak dibidang minyak tersebut bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Supervisor lingkungan JOB PPEJ, Moh Sahli mengatakan, latihan kali ini adalah untuk mengatasi jika terjadi tumpahan minyak di laut, karena membutuhkan penanganan yang cepat (responsif). Dalam latihan kali ini, terlihat kesigapan dilakukan oleh seluruh crew atau pekerja JOB PPEJ.

"Latihan dilakukan sejauh 5 KM dari Palang station (Tempat minyak JOB PPEJ di Palang) dan terlihat seluruhnya dalam keadaan sigap," paparnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD, Yoyok Abdullah Fahmi, merespon positif atas simulasi tersebut. Dia menganggap bahwa latihan penanganan bencana atau tumpahan minyak sangat baik, jika melibatkan BPBD. Secara tidak langsung tim dari BPBD juga akan mendapatkan manfaat atau tambahan skill (Keahlian) dari latihan yang diselenggarakan JOB PPEJ.

"Tim yang belum pernah melakukan akhirnya juga mengetahui bagaimana prosesnya, dan ini tentunya akan menjadi bekal untuk petugas BPBD kedepannya," pungkas Yoyok. [nok/rom]