Terancam Gagal Panen, Ladang Jagung dibuat Pakan Ternak

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah ladang dengan tanaman jagung diperkirakan tidak bisa panen maksimal di musim kemarau basah. Petani pun harus memutar otak agar tidak terlalu merugi.

Petani di ladang Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, merencanakan tanaman jagung mereka menjadi pakan ternak. Karena tidak mungkin mengharapkan beberapa bulan kedepan. "Kalau pun paksa panen biji jagung kecil, jadi mending dibuat makanan ternak," kata Darsiman (57), salah satu petani kepada blokTuban.com, Selasa (26/7/2016).

karena alasan inilah, banyak ladang jagung yang sengaja tidak dibersihkan. Rumput liar dibiarkan tumbuh. Dengan harapan stok pakan ternak semakin melimpah karena tanaman jagung muda sudah bercampur dengan rumput.

Bahkan, sudah ada beberapa orang yang menawar pakan tersebut. Biasanya mereka adalah peternak besar dan membutuhkan stok pakan hijau yang cukup banyak. "Kalau punya saya tidak dijual, karena di rumah punya sapi dan juga kambing," lanjut Darsiman.

Tidak semua petani mengikuti langkah ini, mereka tetap merawat tanaman jagung dan berharap tetap bisa panen. Meskipun tidak sebaik panen ketika musim penghujan. [pur/ito]