Jelajah Berakhir dengan Halal Bihalal di Gomang

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Hutan jati di Kabupaten Tuban, menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas pecinta olahraga otomotif ekstrem. Hutan Tuban memiliki track yang cukup menantang untuk kendaraan 4X4.

Komunitas yang tergabung dalam Taft Diesel Indonesia Ronggolawe (TDIR), menjelajah Hutan Tuban kemarin sore, (24/7/2016). Kurang lebih 16 reader menguji nyali dengan menjajal ketangkasan dan ketrampilan mereka di jalur ekstrem hutan Tuban.

Dari start hingga finish panjang jalur yang dilalui kurang lebih 55 Kilometer (KM). Jalan yang berbatu dan berlubang, jadi tantangan tersendiri yang harus deliwati mobil-mobil ini. Hutan yang sebagian besar ditanami pohon jati itu pun menjadi teman bagi para petualang medan Off road bumi Ronggolawe tersebut.

“Rute kita ambil dari Tuban Kota, Masuk menuju Kecamatan Kerek sampai hutan Gegunung (Singgahan) dilanjut ke Desa Kumpulrejo (Tuwiwian) kemudian finish di Gomang,” jelas panitia Off road, RM Armaya Mangkunegara, SH, MH kepada blokTuban.com, Minggu (24/7/2016).

Lanjut pria yang akrab disapa Gus Maya, Tujuan utama dari kegiatan TDIR adalah Searching (menggali) potensi wisata Tuban yang mungkin belum terjamah oleh masyarakat umum. Selain itu juga sebagai wadah komunitas pecinta otomotif yang peduli lingkungan dan juga masyarakat.

“Kami mencoba menggali bersama anggota TDIR. Memunculkan kearifan lokal yang masih tersembunyi. Medan kita lebih kearah pedalaman supaya tau bagaimana dimensi sosial yang ada. Siapa tau kita bisa ikut membantu bagi masyarakat pedalaman yang membutuhkan uluran tangan kita,” tambah putra Prof. Dr. KH. RM Noer Nasroh, Pengasuh Ponpes Walisongo, Gomang, Kecamatan Singgahan itu.

Prabowo, Ketua umum TDIR mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian acara silaturahmi antar anggota. Yang diawali dengan jelajah hutan tuban dan diakhiri Halal Bihalal di Ponpes Walisongo Gomang.

“Kami mencoba menerobos hutan Tuban sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan ini. Medannya sangat menarik dan sesuai dengan kriteria kita,” jelas Reader asal Tuban ini.

Selain menjelajah hutan, kita juga merekatkan silaturahmi antar anggota dengan menggelar halal bihalal di puncak bumi santri, Gomang. “Kami sangat berterimakasih sekali teah diterima di Ponpes Walisongo,” pungkas pria yang akrab disapa Bowo.[rof/ito]