Berburu Perlengkapan Sekolah, Budaya Jelang TAB

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Menjelang Tahun Ajaran Baru (TAB) 2016-2017, toko alat tulis dipadati pembeli. Banyak masyarakat yang baru membeli keperluan sekolah setelah Lebaran.

Seperti yang terlihat di Toko Jatirogo Stationery Center (JSC), di Kecamatan Jatirogo, Tuban, Sabtu (16/7/2016). Toko yang menyediakan alat tulis, kantor, dan rumah tangga ini ramai pengunjung. Para orang tua serta sang anak ramai-ramai membeli kebutuhan sekolah.

Salah seorang pemilik toko perlengkapan sekolah JSC, Faris (31) mengatakan, penjualan perlengkapan sekolah meningkat cukup tajam. Sejak H+3 lebaran dan diperkirakan hingga H+5 masuk TAB.

"Peningkatan pembeli setiap tahun merangkak naik, terutama mendekati TAB seperti ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengunjung meningkat mengikuti jumlah anak usia sekolah yang juga terus bertambah," ujar pria asal Sarang, Kabupaten Rembang itu kepada blokTuban.com, Sabtu, (16/7/2016).

Terlihat, paling banyak diburu terutama buku, pensil, sampul buku, pulpen, penghapus, dan tempat pensil. Seperti yang diungkapkan salah satu pengunjung, Sri (37) yang sedang mencari kebutuhan sekolah untuk anaknya.

"Sengaja datang kesini bersama anak saya untuk membeli buku dan sampul. Karena disini barangnya lengkap," beber Sri bersama anaknya yang masih duduk di kelas 3 MI di Jatirogo.

Hal senada di ungkapkan Nana (21), penjaga toko Madina, yang ada di Kecamatan Bangilan. Toko yang menyediakan jasa fotocopy dan alat tulis ini terlihat cukup ramai juga. Tak heran, memasuki tahun ajaran baru sudah menjadi budaya ibu dan anak menyerbu toko yang menyediakan peralatan menulis. "Untuk Fotocopy juga mulai ramai, rata-rata buat melengkapi berkas pendaftaran siswa baru," jelasnya. [rof/rom]