Hujan, Hasil Awal Panen Tembakau Tidak Maksimal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hujan yang mengguyur terus menerus di kawasan Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban menyebabkan hasil panen awal tembakau para petani di kawasan tersebut tidak maksimal.

Pasalnya hujan beberapa minggu yang lalu dengan intensitas tinggi berdampak pada tanaman tembakau di persawahan maupun di ladang. Terutama dampak yang begitu dirasakan para petani adalah saat hasil panen pertama tembakau banyak yang bercak-bercak kuning dan membusuk.

"Panen pertama ini daun tembakau menguning, lalu membusuk. Sehingga saat akan menjemur saya pilah yang busuk dibuang," ujar salah satu petani tembakau di Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan Wustiham (45) kepada blokTuban.com, Rabu (13/7/2016).

Menurut Wustiham, setiap daun yang telah dipanen pasti ada bercak-bercak dan busuk, kemungkinan sekitar setengah dari daun yang dipanen membusuk. "Ini masih merupakan panen yang pertama semoga panen yang selanjutnya bagus," harap Wustiham.

Hal ini menjadi keluhan petani tembakau, dikarenakan hujan terus-menerus menyebabkan tanaman tembakau petani yang berada di persawahan mati dan sebagian busuk, kemungkinan apabila sudah memasuki musim kemarau diperkirakan hasil akan bagus seperti tahun-tahun sebelumnya. [hud/col]