Kambing Etawa, 1 Induk 1 Liter Susu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Apabila meminum susu sapi pasti tidak asing lagi di masyarakat. Namun, apabila susu kambing etawa dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Tuban, mungkin masih terdengar asing. Pasalnya, tak banyak peternak maupun penjual susu kambing etawa yang tersebar di Kabupaten Tuban.

Di Desa/Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban terdapat peternakan kambing etawa yang sekaligus menjual susu kambing etawa murni, hasil dari perahan peternak sendiri.

Peternak kambing etawa, Arif (29) mengatakan, peternakan kambing etawa yang digeluti sejak kurang lebih satu tahun tersebut, saat ini telah mempunyai delapan ekor kambing etawa. Dan satu diantara dua induknya tersebut saat ini tidak dikawinkan, hal tersebut agar induk itu bisa diperah dan menghasilkan susu.

"Dalam satu hari, satu induk dapat menghasilkan satu liter susu," ungkap Arif, kepada blokTuban.com, Kamis (14/7/2016).

Selama sekitar empat bulan terakhir ini, kambing induk tersebut belum dikawinkan lagi, dan susu yang dihasilkan kambing tersebut juga tidak menyusut.

Untuk menjaga kestabilan air susu, pemilik ternak juga menjaga kestabilan pakan, yakni pakan hijau dan beberapa nutrisi tambahan. "Selain pakan yang diberikan harus sesuai, saya juga berikan ampas tahu, agar air susu yang dihasilkan tetap stabil," tambah pria alumni UIN Malang tersebut. [hud/rom]