Hujan Terus Menerus, Tembakau di Grabagan Layu dan Mati

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Diguyur hujan terus menerus tanaman Tembakau yang berada dipersawahan Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban layu dan mati.

Hal ini dikarenakan tanaman tembakau memang cocok apabila ditanam pada tempat yang lumayan kering, dikarenakan apabila tempat tersebut terlalu basah maka tanaman akan layu dan mati.

Seperti tanaman milik salah satu petani tembakau, Darsono. Pria 48 tahun itu mengatakan, tanaman tembakau yang baru berumur kurang lebih tiga minggu ini layu dan ada beberapa yang mati. Sehingga dia melakukan penyulaman ulang (tanam ulang).

"Kemarin beberapa hari diguyur hujan terus menerus, sehingga layu dan ada beberapa yang mati,"Ungkap Darsono kepada blokTuban.com.

Darsono menambahkan, tanaman yang mati ini ada sekitar serempat dari tanaman yang terdapat disawah, sehingga dilakukan penanaman ulang tanaman, hal ini juga dikarenakan lahan masih limayan basah. Diharapkan penyulaman tanaman ini bisa tumbuh dengan baik sehingga
hasil panen bisa maksimal.

"Diharapkan tidak diguyur terus menerus, sehingga tanaman tembakau di persawahan maupun di ladang bisa panen maksimal," harap Darsono.

Diperkirakan apabila tanaman tersebut tidak diguyur hujan dengan deras, tanaman tembakau sudah hijau dan sudah berkembang.[hud/ito]