19 Calon Pengantin di Montong Daftar Nikah Malem Songo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Montong menerima 19 pasang calon pengantin yang akan melangsungkan ijab qobul pada malam dua puluh Sembilan Ramadan atau sering disebut warga Kabupaten Tuban dengan (Malem Songo).

Dari data yang dihimpun blokTuban.com saat ini ada 19 calon pengantin yang sudah mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) Montong dan akan menyelenggarakan pernikahan pada malam sembilan puasa.

Kepala KUA Montong, Mohammad Qosim mengatakan, sementara ini sudah ada 19 pasang yang telah mendaftar dan diperkirakan masih akan bertambah.

"Pendaftar hingga saat ini ada 19 pasang dan diperkirakan masih akan bertambah," ujar Kepala KUA Montong kepada blokTuban.com, Rabu (22/6/2016).

Kepala KUA Montong menambahkan, banyaknya angka pernikahan di Kecamatan Montong pada malam sembilan dipengaruhi budaya masyarakat sekitar yang meyakini bahwa tanpa hitungan sebagaimana mestinya malam tersebut sudah dinyatakan bagus dan banyak berkah.

"Menurut adat atau budaya malam sembilan adalah malam yang bagus," papar Qosim.

Akibatnya, beberapa penghulu yang berada di Kecamatan Montong juga harus bekerja ekstra pada malam sembilan tersebut. Pasalnya, mayoritas pernikahan pada malam sembilan diselenggarakan di kediaman para mempelai masing-masing. [hud/col]