Unik, di Lajulor Ada Motor Kayu

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Salah satu warga Desa Lajulor, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban memiliki sepeda motor yang cukup membuat mata melongo. Kendaraan jenis roda dua ini sebagian besar kelengkapannya terbuat dari kayu.

Sepeda motor unik tersebut milik Zaenuri. Mulai dari lampu depan sampai belakang aksessoris kendaraan terbuat dari kayu. Desain semakin menarik karena diukir sendiri.

Untuk rangka motor sendiri masih berupa besi. Meski demikian, tidak mengurangi keunikan motor, "Modifikasinya masih belum sempurna, di bagian kaki juga masih orisinil," jelas Dinul Mu'awanah istri Zaenuri.

Jok juga terbuat dari kayu. Terdapat pula ukiran yang menuliskan sang pemilik. "Sepeda motor kayu ini juga masih dilengkapi dengan surat-suratnya," imbuh istri Zaenuri, kepada blokTuban.com, Kamis (2/6/2016).

Unsur lain yang masih terbuat dari bahan logam adalah bagian mesin. Tentu, selain mesin, bagian motor yang masih seperti pada umumnya adalah ban.

Meski nampaknya seperti pajangan, sepeda motor dapat berfungsi. Mesin dapat hidup dan menggerakkan roda seperti motor pada umumnya. " Motornya juga sering dipakai oleh pemiliknya, bahkan juga pernah dibawa ke kota Tuban," imbuh Gusto, karyawan mebel milik Zaenuri.

Kebetulan, saat blokTuban.com berkunjung ke rumah pemilik motor unik tersebut, tidak bertemu dengan pembuatnya. "Baru saja keluar orangnya," pungkas Gusto. [rof/rom]