April dan Mei 176 Pasangan Pengantin di Kerek Menikah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Angka pendaftaran pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) tinggi di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Akhir-akhir ini mulai dari bulan April dan Mei angka pernikahan di kecamatan tersebut mencapai hingga 176 pasangan.

Rincian dari 176 yaitu bulan April 96 pasangan dan pada bulan Mei terdapat 80 pasangan, data tersebut merupakan data yang tertinggi selama tahun 2016.

Sebelumnya pada bulan Maret 2016 terdapat 46 pasangan yang akan melangsungkan pernikahanya. Sehingga peningkatan dari bulan Maret ke bulan April dua kali lipat.

"Tingginya pernikahan selama tahun 2016 ini terdapat di bulan April," ujar salah satu Penghulu Samin Asyhari saat ditemui oleh blokTuban.com di KUA Kecamatan Kerek, Selasa (24/5/2016).

Asyhari menambahkan, seperti halnya di kecamatan-kecamatan lain, angka pernikahan mengalami peningkatan karena masyarakat Kabupaten Tuban masih kental dan memegang teguh adat jawa. "Saat bulan Rajab yang meliputi bulan April dan Mei merupakan bulan yang penuh berkah untuk menyelenggarakan pernikahan," tambahnya.

Diketahui sebelumnya data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dibulan Januari 2016 terdapat 35 pasangan, bulan Februari 52 pasangan.[hud/lis]