Ekonomi Syariah Tuban Belum Berjalan Optimal

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Perkembangan ekonomi syariah di Tuban, nampaknya memiliki potensi apik untuk diterapkan. Kendati belakangan ini mulai bergeliat di Bumi Wali, ekonomi syariah belum sepenuhnya optimal.  

Kepala Bidang Penyelenggara Syariah dari Kementerian Agama Tuban, Umi Kulsum kepada blokTuban.com mengatakan, potensi ekonomi syariah di Tuban cukup bagus. Dukungan pemerintah Kabupaten Tuban dan pihak pelaku ekonomi perlu mempelajari, untuk kemudian diterapkan di lingkungan masyarakat.

"Sebenarnya dari kami (Bidang Penyelenggara Syariah) ada tugas pokok berkaitan ekonomi syariah tersebut. Akan tetapi tahun ini tidak, lantaran dana pembiayaan untuk kami terbatas," kata Umi, Kamis (7/4/2016).

Menurut Umi, ekonomi syariah adalah kegiatan dalam menciptakan dan memproduksi atau menjual barang harus berbasis syariah. Seperti koperasi wanita yang berbasis syariah misalnya, berbeda dengan koperasi wanita konvensional lainnya.

"Rata-rata koperasi konvensional ketika memberikan pinjaman mengenakan bunga. Semestinya pakai sistem bagi hasil," kata Umi menambahkan. [dwi/rom]