Jeruk Dermawuharjo Panen Sebelum Bulan Puasa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jeruk buah yang menjadi andalan perkebunan Dusun Beros, Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban mendekati musim panen. Jeruk yang ditanam oleh warga sekitar tersebut diantaranya terdapat di tegal dan beberapa pekarangan milik warga.

"Saat ini telah berbuah namun masih hijau dan belum waktunya untuk dipanen, perkiraan panen nanti menjelang bulan puasa yakni pada bulan Mei dan Juni," ungkap salah satu petani yang juga tengkulak jeruk buah, Karsiyo (45), kepada blokTuban.com.

Lanjut Karsiyo, sementara itu pada bulan puasa nanti panen jeruk buah juga masih akan berlangsung, meskipun tidak pada puncaknya, seperti halnya tahun lalu yang merupakan panen jeruk raya untuk yang pertama kali.

Meskipun dalam satu tahun panen jeruk buah di dusun tersebut hanya dilakukan satu kali, namun hasil panen telah dinikmati oleh beberapa pembeli dari desa-desa tetangga.

"Saat panen jeruk warga yang berada di desa-desa sebelah, banyak yang membeli dan datang langsung ke pekarangan warga, hal itu dilakukan untuk memperoleh buah jeruk yang segar," pungkasnya. [hud/rom]