Air Bektiharjo, Cukupi 3.000 Kepala Keluarga di Luar Desa

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sumber air dari Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, yang diambil Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tuban mampu mencukupi kebutuhan air bersih kurang lebih 3.000 Kepala Keluarga (KK).

Bahkan, semua pengguna air bersih dari PDAM tidak ada yang berasal dari Desa Bektiharjo. Terbanyak, air justru disalurkan melalui pipa ke pengguna yang berasal dari wilayah perkotaan, atau Kelurahan yang sudah masuk di Kecamatan Tuban.

"Air dari sana (Bektiharjo) disalurkan kurang lebih untuk 3.000 kepala keluarga," jelas Direktur PDAM Tuban, Slamet Riyadi, kepada blokTuban.com, Jum'at (25/3/2016).

Karena PDAM adalah usaha daerah, maka laba penghasilan dari pengambilan air disetorkan ke Pemasukan Asli Daerah (PAD). Besarnya sekitar 55 persen dari laba yang didapat. "Untuk desa ada sumbangan sifatnya partisipasi kalau ada kegiatan desa," jelas Slamet.

Kepala Desa (Kades) Bektiharjo, Rastu, menjelaskan kalau penduduk Desa Bektiharjo tidak ada yang ikut memanfaatkan air yang diambil dari PDAM. Karena desa sudah memiliki Himpunan Penduduk Pemakai Air (HIPPA) sendiri.

"Jadi kita berharap desa juga mendapat pemasukan dari air yang diambil oleh PDAM di Bektiharjo. Inikan dipakai hampir sebagian besar kelurahan yang ada di Tuban," jelas Rastu. [pur/ito]